Artikel Terbaik:

7 Langkah Pembelajaran Elaborasi

7 Langkah Pembelajaran ElaborasiBerikut ini adalah langkah-langkah pengorganisasian pembelajaran dengan menggunakan model elaborasi: 

1. Penyajian kerangka isi. Pembelajaran dimulai dengan penyajian kerangka isi: struktur yang memuat bagian-bagian yang paling penting dari bidang studi.

2. Elaborasi tahap pertama. Elaborasi tahap pertama adalah mengelaborasi tiap-tiap bagian yang ada dalam kerangka isi, mulai dari bagian yang terpenting. Elaborasi tiap-tiap bagian diakhiri dengan rangkuman dan pensintesis yang hanya mencakup konstruk-konstruk yang baru saja diajarkan (pensintesis internal).
  • 3. Pemberian rangkuman dan pensintesis eksternal. Pada akhir elaborasi tahap pertama, diberikan rangkuman dan diikuti dengan pensintesis eksternal. Rangkuman berisi pengertian-pengertian singkat mengenai konstruk-konstruk yang diajarkan dalam elaborasi, dan pensintesis eksternal menunjukkan (a) hubungan-hubungan penting yang ada antar bagian yang telah dielaborasi, dan (b) hubungan antara bagian-bagian yang telah dielaborasi dengan kerangka isi.
  • 4. Elaborasi tahap kedua. Setelah elaborasi tahap pertama berakhir dan diintegrasikan dengan kerangka isi, pembelajaran diteruskan ke elaborasi tahap kedua yang mengelaborasi bagian pada elaborasi tahap pertama dengan maksud membawa si-belajar pada tingkat kedalaman sebagaimana ditetapkan dalam tujuan pembelajaran. Seperti halnya dalam elaborasi tahap pertama, setiap elaborasi tahap kedua disertai rangkuman dan pensintesis internal.
  • 5. Pemberian rangkuman dan pensintesis eksternal. Pada akhir elaborasi tahap kedua, diberikan rangkuman dan pensintesis eksternal, seperti pada elaborasi tahap pertama.
  • 6. Setelah semua elaborasi tahap kedua disajikan, disintesiskan, dan diintegrasikan ke dalam kerangka isi, pola seperti ini akan berulang kembali untuk elaborasi tahap ketiga, dan seterusnya, sesuai dengan tingkat kedalaman yang ditetapkan oleh tujuan pembelajaran.
  • 7. Pada tahap akhir pembelajaran, disajikan kembali kerangka isi untuk mensintesiskan keseluruhan isi bidang studi yang telah diajarkan.



Bagikan Artikel ini ke :
Komentar Facebook
0 Maaf Komentar Blogger ditutup
 
Powered by Blogger


Copyright © 2011. 7Top Ranking - All Rights Reserved
7Top Ranking
ReDesign by Terwujud.com